Lewati ke konten utama
  1. Posts/

Mempercepat Resolve DNS pada Linux Debian

·410 kata·2 menit· loading · loading ·
Shell Unix Linux Sysadmin Network
Desdulianto
Penulis
Desdulianto
Seorang professional IT, bekerja dari rumah

Salah satu cara untuk mempercepat akses Internet adalah dengan mempercepat proses DNS lookup. Coba perhatikan pada saat membuka website, biasanya pada bagian status bar browser (bagian bawah) akan terlihat proses yang sedang dikerjakan oleh browser. Apabila prosesnya tertahan lama di Looking up ... kemungkinan besar DNS server sedang sibuk sehingga lambat merespon request client.

Biasanya browser akan men-cache respon dari server DNS. Karena itu, apabila kita mengakses host yang sama, browser tidak perlu lagi melalui proses Looking up ... dan akses Internet akan terasa lebih responsif.

Pada artikel ini, kita akan melakukan cache DNS secara system wide di Linux Debian. Tool yang akan digunakan adalah dnsmasq.

dnsmasq
#

dnsmasq adalah aplikasi proxy DNS sederhana. Biasanya digunakan untuk menyediakan caching DNS server untuk jaringan, sekaligus menyediakan layanan DHCP. Kita akan menggunakan fungsi cache DNS tanpa DHCP untuk mesin localhost.

Perintah untuk menginstall dnsmasq di Linux Debian.

apt-get install dnsmasq

Selanjutnya, kita konfigurasi dnsmasq, edit file /etc/dnsmasq.conf.

  • dnsmasq hanya perlu mendengarkan request dari mesin localhost. Edit baris dengan kata kunci interface dan listen-address menjadi:
    interface=lo
    listen-address=127.0.0.1
  • Kita tidak membutuhkan layanan DHCP
    no-dhcp-interface=lo
  • Naikkan jumlah cache untuk memaksimalkan fungsi cache DNS
    cache-size=1024

Restart layanan dnsmasq:

    # /etc/init.d/dnsmasq restart

Berikutnya supaya kita dapat memanfaatkan dnsmasq, kita konfigurasi mesin localhost sebagai name server. Edit file /etc/resolv.conf, tuliskan konfigurasi sebagai berikut:

    nameserver 127.0.0.1

dnsmasq sendiri akan melakukan resolving ke name server yang berada di jaringan lokal. Untuk itu, perlu ditambahkan name server jaringan. Edit /etc/resolv.conf menjadi:

    nameserver 127.0.0.1
    nameserver 192.168.1.1

Sesuaikan name server 192.168.1.1 dengan name server yang berada di jaringan. dnsmasq secara cerdik akan mengabaikan nameserver 127.0.0.1 yang dikonfigurasi di /etc/resolv.conf.

Jaringan dinamis (DHCP)
#

Konfigurasi /etc/resolve.conf di atas tidak bisa digunakan pada jaringan yang alamat IP-nya dikonfigurasi secara dinamis (DHCP), misalnya pada jaringan wifi. Ini dikarenakan setiap berpindah ke jaringan yang berbeda (misalnya dari jaringan di kantor ke jaringan rumah), alamat IP perangkat dan name server juga akan ikut berubah.

Untuk jaringan dinamis, name server di /etc/resolv.conf akan secara otomatis dikonfigurasikan melalui DHCP. Supaya tetap bisa menggunakan dnsmasq sebagai caching DNS, kita perlu menambahkan secara otomatis nameserver 127.0.0.1 sebagai item pertama di /etc/resolv.conf.

DHCP client default yang terpasang di Linux adalah DHCP versi Internet Software Consortium (ISC) memungkinkan kita untuk menambahkan name server selain name server yang diperoleh dari server DHCP. Edit /etc/dhcp/dhclient.conf. Hilangkan tanda komentar atau tambahkan baris berikut bila belum ada:

    prepend domain-name-servers 127.0.0.1;

Setelah semuanya selesai, restart jaringan:

    # /etc/init.d/networking/restart

Sekarang kita sudah bisa menjelajah Internet dengan lebih responsif.

Happy hacking!